PONDOK PESANTREN DARUSSALAM
BLOKAGUNG BANYUWANGI
JAWA TIMUR
Guna Memenuhi Tugas Akhir Kegiatan Kuliah
Kerja Lapangan (KKL)
Disusun Oleh :
NURUS SALAM
NIM : 11410155
FAKULTAS
TARBIYAH
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
WALI SEMBILAN
SEMARANG
2017
PENGESAHAN
Laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Fakultas Tarbiyah (PAI) Sekolah
Tinggi Agama Islam Wali Sembilan Semarang (SETIA WS) di PONDOK PESANTREN
DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI JAWA TIMUR yang telah di laksanankan pada tanggal 3-7 Mei 2017 oleh :
Nama : NURUS
SALAM
NIM : 11410155
Disahkan dan dapat diterima sebagai salah satu
syarat guna menyelesaikan jenjang strata satu (S1) jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama
Islam Wali Sembilan Semarang (SETIA WS) Pada :
Hari : .............................
Tanggal : .............................
Dosen Pendamping Lapangan
|
Slamet
Panuntun, M. Pd. I
|
PERNYATAAN ORISINILITAS
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama :
NURUS SALAM
NIM :
11410155
Jenjang :
S1 (Strata Satu)
Jurusan :
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas :
Tarbiyah SETIA WALI SEMBILAN SEMARANG
Menyatakan dengan sesungguhnya
bahwa laporan KKL ini benar-benar merupakan
hasil karya saya sendiri, dan bukan plagiasi karya orang lain.
Semarang, 10 Mei 2017
|
Yang menyatakan
|
NURUS SALAM
NIM. 11410155
|
MOTTO DAN
PERSEMBAHAN
Motto :
يَحْصُدْ يَزْرَعْ مَنْ
“Barang Siapa Menanam Pasti Akan Memanen / Memetik / Mengetam”
Persembahan :
Karya
yang sangat sederhana ini, penulis
persembahkan kepada :
1.
Kedua orang tuaku (Bapak Salami dan Ibu Muaridah) yang
tidak pernah henti-hentinya mendo’akanku dalam setiap waktu, yang telah
mendidik dan membimbingku dengan penuh perhatian, cinta, dan kasih sayang.
2.
Bapak Slamet Panuntun, M. Pd. I (Dosen Pendamping
Lapangan) yang telah mendampingi saya, hingga terselesainya karya ilmiyah ini.
3.
Seluruh Dosen SETIA WALI SEMBILAN SEMARANG. Tanpa beliau
semua, penulis tidak mampu menyelesaikan karya ilmiyah ini. Semoga dengan ilmu
yang mereka berikan kepada penulis, dapat bermanfa’at dan berkan di dunia sampai
akhirat.
4.
Almamaterku Sekolah Tinggi Agama Islam Wali Sembilan
Semarang.
5.
Para sahabat-sahabatku semua.
6.
Seluruh pihak yang telah banyak membantu dan mendo’akan
penulis, sehingga terselesaikan karya ilmiyah ini. Terimakasih, dan semoga
Allah SWT membalasnya. Amiin...
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah, kekuatan,
dan karunia-Nya yang telah di berikan kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan Karya
Ilmiyah yang berkenaan dengan KKL di “Pondok Pesantren Darussalam
Blokagung Banyuwangi Jawa Timur”. Penulisan Karya Ilmiyah ini guna memenuhi tugas akhir kegiatan Kuliah Kerja
Lapangan (KKL).
Sholawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. yang telah menunjukkan jalan
kebenaran kepada kita semua.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa tanpa bantuan
dari berbagai pihak Karya Ilmiyah ini tidak akan terselesaikan, untuk itu
penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Allah SWT yang telah senantiasa meridhoi, memberikan kekuatan, baik lahir maupun batin dan kesempatan
untuk menyelesaikan karya ilmiyah ini.
2. Bapak Slamet Panuntun, M.
Pd. I selaku Dosen Pendamping Lapangan.
3. Semua pihak yang secara langsung maupun
tidak langsung ikut membantu dalam penyusunan tugas ini.
Akhirnya penulis menyadari akan kekurangan,
keterbatasan, serta kemampuan dalam menyusunan, sehingga masih banyak kekurangan di dalam Karya Ilmiyah ini. Kritik dan saran
pembaca, sangat penulis harapkan untuk koreksi dan perbaikan di kemudian hari.
Semoga karya ilmiyah ini dapat bermanfaat khususnya bagi
penulis, dan umumnya para pembaca yang budiman.
Semarang, 10 Mei 2017
|
Penulis
|
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ....................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN ......................................................................... ii
HALAMAN PERNYATAAN
ORISINILITAS ............................................. iii
HALAMAN MOTTO DAN
PERSEMBAHAN ............................................. iv
KATA PENGANTAR ..................................................................................... v
DAFTAR ISI .................................................................................................... vi
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ............................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .......................................................................... 2
C. Tujuan KKL ................................................................................... 2
D. Manfa’at KKL ............................................................................... 3
BAB II : DESKRIPSI, KONDISI UMUM OBYEK KKL
A.
Identitas dan Sejarah Singkat ........................................................ 4
B.
Visi dan Misi .................................................................................. 7
C.
Letak Geografis ............................................................................. 8
D.
Keadaan Lembaga, Santri dan Guru .............................................. 8
BAB III : ANALISIS
A.
Deskripsi Observasi, Pengamatan
dan Informasi ........................... 12
1.
Pengelolaan .............................................................................. 12
2.
Pembiayaan .............................................................................. 14
3.
Bidang Usaha ........................................................................... 15
B.
Deskripsi Analisis ........................................................................... 16
BAB IV : PENUTUP
A.
Kesimpulan .................................................................................... 17
B.
Saran-Saran .................................................................................... 17
C.
Kata Penutup ................................................................................. 18
LAMPIRAN-LAMPIRAN .............................................................................. 19
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah salah satu kegiatan yang menjadi agenda rutin di setiap
program studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan
ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai program studi pada
Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), yang lain
melalui kegiatan-kegiatan, seperti
pengenalan atmosphere academic, tinjauan sistem
akademis, kuliah umum, diskusi, peninjauan kepustakaan yang berkaitan dengan
skripsi, dan budaya perkuliahan yang di lakukan dengan
program studi yang sama di PTKAI yang lain.
PTKI yang
menjadi pembanding adalah PTKI yang dianggap memiliki kredibilitas yang lebih baik,
khususnya terhadap program studi yang bersangkutan. Hal ini dapat di nilai
dari lama berdirinya program studi yang bersangkutan, kualitas lulusan
(alumni), sarana dan prasarana perkuliahan, dan memiliki jaringan (link) yang
baik sehingga memungkinkan alumninya untuk dapat di terima
di dunia kerja.
Sebagai
program studi yang ingin terus berinovasi, tentu saja Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SETIA WS masih memerlukan
pembenahan diri, dan masih memerlukan acuan
terhadap komponen-komponennya. Untuk itu, SETIA WS mengadakan Kuliah Kerja Lapangan
(KKL) sekaligus bersilaturrahim ke Pondok Pesantren DARUSSALAM BLOKAGUNG
BANYUWANGI JAWA TIMUR, agar mahasiswa mengetahuhi lebih mendalam mengenai kegiatan akademis di program studi yang bersangkutan,
serta sarana prasarana yang dibutuhkan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan
belajar mengajar, membantu mahasiswa dan dosen mengenai sistematika dan acuan
penulisan skripsi secara langsung mengenai tinjauan kepustakaan, mengajak
mahasiswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan perkuliahan melalui kuliah
umum, diskusi dan pengenalan kegiatan kampus lainnya. Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh
terhadap kualitas alumni dan akreditasi program studi yang berpatok pada
hal-hal di atas. Pesatnya persaingan kerja dan kebutuhan tenaga kerja mayoritas
di lihat
dari akreditasi program studi yang bersangkutan tersebut, sehingga
dapat di simpulkan
KKL
dapat membantu mepercepat proses tersebut.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka di ambil rumusan masalah sebagai berikut :
1.
Bagaimana Identitas dan Sejarah Singkat Berdirinya Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi ?
2.
Apa Visi dan Misi Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi ?
3.
Bagaimana Letak Geografis Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi ?
4.
Bagaimana Keadaan Lembaga, Santri, dan
Guru di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi ?
5.
Bagaimana
Pengelolaan di
Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi ?
6. Bagaimana Pembiayaan di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi ?
7. Bagaimana Bidang Usaha yang di
Kembangkan di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi ?
C. Tujuan
KKL
1.
Untuk mengetahui Identitas dan Sejarah Singkat Berdirinya
Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
2.
Untuk mengetahui Visi dan Misi Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
3.
Untuk mengetahui Letak Geografis Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.
4.
Untuk mengetahui Keadaan Lembaga, Santri, dan Guru di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
5.
Untuk mengetahui Pengelolaan di Pon-Pes Darussalam Blokagung
Banyuwangi.
6. Untuk mengetahui Pembiayaan di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
7. Untuk mengetahui Bidang Usaha yang di
Kembangkan di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
D. Manfaat
KKL
1.
Agar mengetahui Identitas dan Sejarah Singkat Berdirinya Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
2.
Agar mengetahui Visi dan Misi Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
3.
Agar mengetahui Letak Geografis Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.
4.
Agar mengetahui Keadaan Lembaga, Santri, dan Guru di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
5.
Agar mengetahui Pengelolaan di Pon-Pes Darussalam Blokagung
Banyuwangi.
6.
Agar mengetahui Pembiayaan di
Pon-Pes Darussalam
Blokagung Banyuwangi.
7.
Agar mengetahui Bidang Usaha yang di Kembangkan di Pon-Pes Darussalam Blokagung Banyuwangi.
BAB II
DESKRIPSI, KONDISI UMUM OBYEK KKL
A. Identitas,
dan Sejarah Singkat
1. Identitas Pondok Pesantren Darussalam
·
Nama Pondok : Pondok Pesantren Darussalam
·
Alamat :
-
Dusun :
Blokagung
-
Desa :
Karangdoro
-
Kecamatan : Tegalsari
-
Kabupaten : Banyuwangi
-
Propinsi : Jawa
Timur
-
Telephone : (0333) 845972, 846100, 845964, 843250
-
Faximile : 847124 / 846221
·
Tahun berdiri : 15 Januari
1951
·
Nama Pendiri : KH. Mukhtar
Syafa’at Abdul Ghofur
·
Akte Notaris : Soesanto
Adi poernomo, SH
No. 31/78
Tanggal 16 Januari 1978
·
Nomor Statistik : 512.351007055
·
Nomor Piagam Terdaftar : WM. 06.05/PP/077/751995
·
Nama Yayasan : DARUSSALAM
·
Alamat Yayasan : PP. Darussalam Blokagung Po. Box. 201
Jajag Banyuwangi
68485
·
Ketua Yayasan : KH. Ahmad Hisyam Syafa’at, S. Sos.I. MH
2. Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren Darussalam
Pondok Pesantren Darussalam ini merupakan lembaga pendidikan
pondok pesantren yang berada di daerah Banyuwangi Selatan Jawa Timur, tepatnya + 12 Km dari kota Genteng dan Jajag, serta +
45 Km dari kota Kabupaten Banyuwangi. Keadaan lokasi daerah tanahnya subur
dan di sebelah barat di batasi oleh Sungai Kali Baru,
sebelah selatan merupakan tanah persawahan, di sebelah timur daerah pedesaan
dan di sebelah utara persawahan.
KH. MUKHTAR SYAFA’AT ABDUL GHOFUR adalah sebagai tokoh utama pendiri
Pondok Pesantren Darussalam ini, beliau berasal dari Desa Ploso Klaten Kediri Jawa Timur.
Jenjang pendidikannya setelah menyelesaikan pendidikan umum, beliau meneruskan
pendidikannya di pondok pesantren Tebuireng Jombang Jatim dan Pondok pesantren
Jalen Genteng Banyuwangi selama kurang lebih 23 tahun beliau belajar di pondok
pesantren tersebut.
Pada tahun 1949 beliau menikah
dengan ibu Nyai Maryam putri dari Bpk. Karto Diwiryo yang berasal dari Desa
Margo Katon Sayegan Sleman Yogyakarta, tetapi pada saat itu sudah pindah di
Dusun Blokagung Desa Karangdoro
Kecamatan Gambiran (sekarang berubah menjadi Kecamatan Tegalsari) Kabupaten
Banyuwangi Jawa Timur.
Selama 6 bulan di daerah yang baru
di tempati, maka berdatanglah para
sahabatnya sewaktu mengaji pada beliau, sehingga hal ini tidak diduga bahwa apa
yang di peroleh di Pondok Pesantren
sangatlah berguna.
Keadaan masyarakat sekitar pada masa
itu masih buta Agama hal ini pernah mengancam pengembangannya. Menghadapi keadaan yang demikian beliau dengan sabar dan penuh kasih saying, dan beliau tetap mencurahkan kepada-Nya (beliau berdo’a), “Ya Allah Ya Tuhan kami, berilah
petunjuk kaum ini, karena sesungguhnya mereka itu belum tahu“. Karena keadaan yang sangat mendesak,
maka timbullah kemauan yang kuat pula untuk mendorong mendirikan tempat pendidikan yang permanen, sebagai tempat untuk mendidik para
sahabat dan masyarakat sekitarnya yang belum mengenal agama sama sekali.
Pada tanggal 15 Januari 1951 di dirikanlah suatu bangunan berupa
Musholla kecil yang sangat sederhana,
sedangkan bahannya dari bambu dan beratap ilalang, dengan ukuran 7 x 5 m2.
Mushola ini diberi nama “DARUSSALAM” dengan harapan semoga akhirnya menjadi tempat pendidikan
masyarakat sampai akhir zaman.
Pembangunan ini di kerjakan sendiri dan di bantu oleh santrinya. Selama pembangunan berjalan, bapak Kyai selalu memberikan bimbingan
dalam praktek pertukangan dan dorongan, bahwa setiap pembangunan apa saja
supaya di kerjakan sendiri semampunya. Apabila sudah tidak mampu barulah
mengundang atau meminta
bantuan kepada orang lain yang ahli, agar kita
dapat belajar dari padanya untuk bekal nanti terjun dimasyarakat, kita sudah
terampil mengerjakan sendiri.
Pada awalnya Musholla tersebut digunakan untuk mengaji
dan untuk tidur para santri bersama Kyainya, namun dalam perkembangan
selanjutnya, kemashuran dan kealimannya semakin jelas sehingga timbul keinginan
masyarakat luas untuk ikut serta menitipkan putra putrinya untuk di didik di tempat ini. Sehingga Musholla Darussalam tidak muat untuk
menampung santri, sehingga timbullah gagasan Kyai untuk mengumpulkan wali
santri untuk di ajak
mendirikan bangunan yang baru, bergotong royong membangun tanpa ada tekanan dan
paksaan.
Pelaksanaan Pembangunan di pimpin oleh bapak Kyai sendiri,
sehingga dalam waktu yang relatif singkat, pembangunan itu pun selesai dan di manfa’atkan untuk menampung para
santri yang berdatangan. Akhirnya
hingga sekarang ini menjadi tempat yang ramai untuk belajar, dan santri yang datang dari seluruh
penjuru tanah air Indonesia.
Adapun pesantren secara resmi berbadan
hukum dan berbentuk Yayasan yaitu
dengan nama “YAYASAN
PONDOK PESANTREN DARUSSALAM” dengan akte notaris Soesanto Adi Purnomo, SH. Nomor 31/78 Tanggal 16 Januari 1978.
Dengan perjalanan panjang, KH. Muhtar Syafa’at Abdul Ghofur memimpin pondok pesantren Darussalam,
beliau adalah orang yang arif dan bijaksana, di kagumi masyarakat dan di ikuti semua fatwanya, sehingga hal ini menambah keharuman nama beliau yang mulia
di kalangan masyarakat. Akhirnya, tepatnya pada hari Jum’at malam
Sabtu tanggal 17 Rojab 1411 H / 02 Februari 1991 jam : 02.00 malam
beliau pulang ke Rohmatullah dalam
usia 72 tahun. Dan setiap tanggal 17 Rojab dilaksanakan Haul untuk mengenang jasa-jasa
beliau. Untuk perkembangan pesantren
selanjutnya di teruskan oleh putra pertama beliau yaitu KH. AHMAD
HISYAM SYAFA’AT
dan dibantu oleh adik-adiknya.
B.
Visi dan Misi
YAYASAN PONDOK
PESANTREN DARUSSALAM
Blokagung-Karangdoro-Tegalsari-Banyuwangi-Jawa Timur
Po. Box. 201 Jajag Banyuwangi 68485
Telp. (0333) 845972, 846100, 845964, 843250 Fax. 847124/846221
E-mail : ponpes.darussalam@yahoo.com
Website : www.blokagung.net
1.
VISI :
Menjadi Pusat Pendidikan Yang
Unggul Dalam Kompetensi Akademik Berbudaya Islam, Dengan Mengedepankan Akhlaqul
Karimah Dan Berlandaskan Ahlussunah Wal Jama’ah Dalam Rangka Mewujudkan Islam Yang
Rahmatan Lil ‘Alamin.
2.
MISI :
·
Memberi Bekal Agama
Yang Kuat
·
Meningkatkan
Kualitas Sumber Daya Manusia Seutuhnya
·
Mencetak Generasi
Muda Yang Berkualitas Dalam Agama Dan Pengetahuan Umum
·
Memberi Bekal Dengan
Keterampilan Keagamaan, Sosial, Dan Teknologi
C. Letak
Geografis
Pondok Pesantren Darussalam berada di kawasan paling ujung
timur pulau Jawa, yaitu tepatnya di daerah Banyuwangi selatan, + 13 km dari Kota Kecamatan Gambiran, +
45 km dari Kota Banyuwangi, dan + 285 km dari Kota Propinsi Surabaya. Keadaan Lokasi
Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi ini, berdiri kokoh diatas tanah subur seluas 21.000 m² dan di sebelah barat di batasi oleh sungai Kali Baru dan
pedesaan, sebelah selatan merupakan tanah persawahan, di sebelah timur daerah pedesaan dan di sebelah utara
persawahan. Pondok Pesantren Darussalam merupakan
pondok yang mempunyai santri yang menetap
paling banyak di kawasan Banyuwangi yang datang dari berbagai penjuru
Nusantara.
D. Keadaan
Lembaga, Santri dan Asatidz / Asatidzah / Guru
Pendidikan yang
ada di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi itu dengan berpegang pada sebuah maqolah
“Al-Muhafadlotu Bil Qodimissholah Wal
Akhdzu Bil Jadidil Ashlah (Menjaga perkara lama yang baik dan mengambil perkara
baru yang lebih baik)”. Maka, di
Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi bukan hanya menyelenggarakan
Madrasah Diniyah (informal) tetapi
juga formal dari lembaga PAUD hingga Perguruan Tinggi yaitu PAUD, TK, SD, MTs,
SMP, MA, SMA,
SMK, dan STAIDA.
1.
Jumlah
Santri dan
Siswa :
NO
|
UNIT PENDIDIKAN
|
JENIS KELAMIN
|
JUMLAH
|
||
L
|
P
|
||||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
Santri
Madrasah Diniyyah
TPQ
PAUD
TK Darussalam
SD Darussalam
MTs Al Amiriyyah
SMP Darussalam
MAA Darussalam
SMK Darussalam
SMA Darussalam
STAIDA
|
2.314
1.852
120
10
31
205
309
248
121
432
213
275
|
2.621
2.314
146
12
32
145
301
308
293
390
197
332
|
4.935
4.166
266
22
63
350
610
556
414
822
410
607
|
|
JUMLAH
|
6.130
|
7.091
|
13.221
|
2. Susunan Pengurus Yayasan
Susunan
pengurus Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Karangdoro Tegalsari
Banyuwangi Jawa Timur terdiri
dari :
·
Pengurus
Yayasan (Legislatif)
Ketua :
KH.
Ahmad Hisyam Syafa'at, S.Sos.I.MH
Sekretaris :
KH.
Drs. Muhammad Hasyim Syafa'at
Bendahara :
KH.
Ahmad Mudhofar Sulthon
Anggota :
KH.
Ahmad Qusyairi Syafa'at SH. MM.
KH.
Afif Jauhari Syafa'at
Dr.
KH. Abdul Kholik Syafa’at, MA
KH.
Ahmad Munib Syafa’at, Lc. ME.i
KH.
Abdul Malik Syafa’at, S.Sos.I.MH
KH.
Ahmad Masykur
Agus
Ahmad Mubasyir Syafa’at, S.Pd.I
KH.
Jabir Muda, S. Ag. M.Pd.I
KH.
Aliy Asyiqin
Ny.
Hj. Handariyatul Masruroh
Ny.
Hj. Dra. Mahmudah Hisyam
Ny.
Hj. Nafitsah Hasyim
Ny.
Hj. Nurun Nadliroh, S.Pd.I
Ny.
Hj. Mahmudah Ahmad, S.Sos.I. M.Pd.I
·
Pengurus
Pesantren (Eksekutif)
Pengasuh :
KH. Ahmad Hisyam Syafa'at, S. Sos I. MH
Ketua Umum :
KH. Drs. Muhammad Hasyim Syafa’at
Sekretaris :
KH. Ahmad Munib Syafa’at, Lc. ME.i
Kabid Pendidikan
& Pengajaran :
Dr. KH. Abdul Kholiq Syafa’at, MA
Sekretaris :
Anas Saeroji, S.Ag.M.Pd.i
Kabid
Kepesantrenan : KH. Ahmad
Qusyairi Syafa’at, SH., MM
Sekretaris :
KH. Aly Asyiqin
Kabid Keuangan : KH. Ahmad Munib Syafa’at, Lc. ME.i
Sekretaris :
Moh. Yasin, S.Pd.I
Kabid Keamanan dan Ketertiban : Agus Ahmad Mubasyir,S.Pd.I
Sekretaris :
Tohir Muntoha, S.Pd
Kabid
Pembangunan : KH. Afif
Jauhari Syafa’at
Sekretaris :
KH. Jabir Muda, S.Ag.M.Pd.I
Kabid
Pengembangan Pesantren dan
Masyarakat : KH. A. Masykur
Sekretaris :
H. Agus Adib Faizi
Pembantu Umum : KH. Ahmad Mudlofar
Sulthon
KH.
Abdul Malik Syafa’at, S.Sos.I.MH
Ny.
Hj. Dra. Mahmudah Hisyam
Ny.
Hj. Handariyatul Masruroh
Ny.
Hj. Nafisah Hasyim
Ny.
Hj. Nurun Nadliroh, S.Pd.I
Ny.
Hj. Mahmudah Ahmad,S.Sos.I.M.Pd.I
Ny.
Hj. Latiefah Afif, S.Sos.I
Ny.
Qoniaturrohmah, S.Pd.S.Pd.I
Ny.
Zubaidah Fikru, S.Pd.I
Ny.
Sri Wahyuni, S.Pd.S.Pd.I
Ny.
Ulfa
·
Kepala
Sekolah / Madrasah
-
Madrasah Diniyyah :
KH.
Aly Asyiqin
-
STAIDA / STIBA :
Dr.
KH. Abdul Kholiq Syafa’at, MA
-
SMK Darussalam :
KH.
Jabir Muda, S. Ag. M. Pd.I
-
SMA Darussalam :
Sukarsi,
S. Ag.
-
MA Al-Amiriyyah :
Drs.
Abdul Kholik, M.Pd.I
-
SMP Darussalam :
Suryono,
S.Pd
-
MTs Al-Amiriyyah :
Masrofi,
S.Pd.I
-
SD Darussalam :
Akhmad
Solikhin, S.Pd.I
-
TK Darussalam :
Qurrotul
Umayah, S.Pd.I
-
PAUD Darussalam :
Nur
Afni Yusrina
BAB III
ANALISIS
A. Deskripsi
Observasi, Pengamatan, dan Informasi
1.
Pengelolaan
Di Pondok Pesantren
Darussalam Blokagung Banyuwangi ini, senantiasa berorientasi untuk mewujudkan pendidikan pondok pesantren
yang sinergi dengan pendidikan formal dan diniyah dalam satu manajamen dengan
prioritas kebutuhan pendidikan masa depan.
Berangkat dari pemikiran tersebut, maka
Pendidikan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi tampil
dengan nuansa baru yang lebih realistis dan rasional dengan program yang terukur dan terencana, serta tidak
meninggalkan kesalafannya, program-programnya diantaranya adalah :
a. Memberikan alokasi
waktu yang sesuai dengan porsi pada pendidikan formal dan kediniyahan.
b. Membudayakan
berbahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar aktifitas keseharian.
c. Mempunyai kompetensi
hafalan kitab-kitab salaf.
d. Mewujudkan hafidul
Qur’an dengan waktu yang relatif singkat.
e. Mencetak santri yang
ilmiyah, amaliah dan berakhlaqul karimah.
Untuk merealisasikan program-program di atas, Pondok Pesantren
Darussalam Blokagung Banyuwangi ini, mengemas pendidikan dengan sistem merger atau mix (formal dan diniyah) yang di dukung dengan :
a. Tenaga pendidik yang professional, yang kompeten di bidangnya dan profesional-profesional muda yang senantiasa
memberikan inovasi-inovasi yang kompetibel dalam dunia pendidikan dan pengelolaan pada
bidangnya.
b. Pengaturan jadwal
yang tepat dan porposional selama 24 jam yang komplek dan serasi dengan tujuan
dan sasaran. Di antara kegiatan kegiatan Santri dan siswa Pondok Pesantren
Darussalam Blokagung Banyuwangi ialah sebagai berikut :
Dan setiap hari jum’at
para santri melakukan kegiatan ekstra kulikuler, diantaranya yaitu :
·
Bermain Sepak Bola.
·
Senam Pagi.
·
Melatih Skill Kerajinan Tangan.
·
Tata Rias.
·
Tata Boga, dll.
c. Sarana dan Prasarana belajar yang kompleks diantaranya yaitu :
·
Tempat Asrama yang nyaman, sehingga santri dan siswa dapat berekspresi dan belajar lebih nyaman.
·
POSKESTREN (Pos Kesehatan
Pondok Pesantren) “ASSYIFA”.
·
Unit Simpan Pinjam Pola
Syari’ah “AUSATH”.
·
Toko Bangunan “AUSATH”
·
Perpustakaan.
·
Laboratorium Bahasa.
·
Laboratorium Komputer.
·
Laboratorium IPA.
·
Koperasi LPK Pontren.
·
Dll.
d. Lingkungan yang asri, sejuk, kondusif, dan nyaman, sebab di dukung daerah dengan terletak pada posisi desa yang
sejuk.
2.
Pembiayaan
KH. ALY ASYIQIN mengatakan bahwa
yang paling ahli dalam mengelola keuangan Yayasan di Pondok Pesantren Darussalam
Blokagung Banyuwangi adalah KH. AHMAD MUNIB SYAFA'AT yang sekaligus
rektor IAIDA. Sistem yang di gunakan adalah keuangan di sentralkan menjadi satu
dari beberapa unit baik dari Pesantren, Madrasah, MTs, SMP, MA, SMK, maupun
SMA, hanya satu yang tidak yaitu IAIDA, karena kebutuhannya yang cukup banyak,
kata KH. Aly Asyiqin ketika memberi sambutan.
Namun di samping
itu, tidak menutup adanya Syahriyah atau SPP perbulan di dalam pengembangan dan
sarana prasarana Pondok Pesantern Darussalam Blokagung Banyuwangi. Adapun
pembiayaan pendaftaran di dalam Pondok Pesantren ini berjalan sebagaimana
mestinya di dunia pendidikan lain. Adapun salah satu sumber pembiayaan Pondok
Pesantern Darussalam Blokagung Banyuwangi ialah :
NO
|
PESERTA
|
BIAYA
|
1
|
Pesantren Putra
|
Rp. 415.000 ,-
|
2
|
Pesantren Putri
|
Rp. 455.000 ,-
|
3
|
Santri naik tingkatan
Putra-Putri
|
Rp. 175000 ,-
|
4
|
Siswa anak asuh Naik
Tingkatan Putra-Putri
|
Rp. 175.000 ,-
|
Dari
manajemen yang telah di persiapkan dan tertata rapi sedemikian rupa sangat menunjang kerapian dan
kelanjutan dalam perkembangan dan pembiyayaan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung
Banyuwangi. Di samping itu, di dukung dengan usaha-usaha Pondok Pesantren yang
semakin berkembang, dengan dukungan dan
antusias masyarakat dan alumni yang semakin yakin dan menjamur dalam meramaikan dan
memajukan syiar Agama Islam.
3.
Bidang Usaha
KH. Ahmad Munib
Syafa`at memang memiliki jiwa bisnis yang lumayan
bagus. Beliau tidak hanya mengurusi Pondok Pesantren Darussalam, akan tetapi beliau juga mengembangkan
pesantren dengan mendirikan beberapa usaha di dalamnya. Bidang usaha yang di kembangkan beliau di antaranya ialah :
·
Unit Simpan Pinjam Pola
Syari’ah “AUSATH”.
·
Toko Bangunan “AUSATH”.
·
Toko “Serba Ada”.
·
Toko ATK.
·
Koperasi LPK Pontren.
Dari ulasan history asal muasal wirausaha di atas,
Pondok Pesantren
Darussalam Blokagung Banyuwangi mempunyai besik dan pondasi kokoh dalam
menopang kelanjutan perekonomian dan pembiayaan di dalam Pondok Pesantren
Darussalam
ini.
Usaha-usaha tersebut bukan hanya
bermanfa’at bagi Pondok Pesantren pribadi,
namun memberikan angin segar terhadap masyarakat.
Usaha-usaha tersebut wujud perkembangan dan pola usaha
yang di terapkan serta di bimbing langsung oleh leader yang mumpuni dalam
bidangnya. Dari wujud usaha-usaha tersebut memicu perkembangan pola bisnis
terhadap anak didik, sehingga siswa, santri, serta masyarakat semakin termotorik
bukan hanya tertuju dalam pendidikan semata, tetapi bagaimana pendidikan itu dapat
berlangsung dan konsen pada esensi pendidikan itu sendiri.
B. Deskripsi
Analisis
Ponpes
Darussalam termasuk pondok yang berusia tua diujung jawa timur yang diirikan
oleh ulama’ besar yaitu al mukarrom KH. Muhtar Syafa’at Abdul Ghofur pada tanggal 15 Januari 1951, Santri pondok
pesantren sendiri tidak hanya dari tetanggan sekitar atau dari pulau jawa
bahkan santri yang datang untuk belajar dipondok itu dari sabang sampai meraoke
ada semuanya.
Walaupun
perkembangan zaman terus pesat dan teknologi terus berkembang pesat tetapi
pondok pesantren Darussalam tidak ketinggalan exis dalam mendidik santri dan
bisa mengikuti zaman
yang perkembangannya sangat pesat. Dan
hebatnya pondok pesantren Darussalam itu tetep berpegang teguh dengan aturan
pondok pesantren dan menekankan pelajaran-pelajaran ala pesantren sekalipun itu
dilembaga sekolah formal.
Bahkan santri
yang mendaftar tetapi dia ingin hanya sekolah formal saja tidak mau ikut madin
atau tidak ingin ikut mengaji pelajaran pondok pesantren maka siswa / santri
tersebut tidak diterima, yang paling ditekankan oleh pondok pesantren adalah
setelah lulus dari lembaga perguruan tinggi yang ada di pesantren diharapkan
santri tidak hanya mendapat gelar sarjana dan ilmu formal saja tetapi lulusan
dari pondok pesantren diharapkan bias membaca kitab kuning ala pesantren.
Dan yang sangat
menarik adalah Motto
yang di kemukakan dari KH. Ahmad Munib Syafa’at,
Lc. ME.i yaitu Sebaik-Baik Manusia Adalah
Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pondok
pesantren Darussalam sosialisasi untuk sesama sangatlah tinggi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pendidikan di era
global atau sering akrab di dengar masyarakat pendidikan masa kekinian, semakin
menjamur dan menampilkan nilai-nilai komplek di dalamnya, Pendidikan Pondok
Pesantren misalnya, dulunya hampir keseluruhan Pondok Pesantren murni akan
kesalafanya bahkan dari nilai kesalafannya seakan asumsi dalam penilaiaan
Pondok Pesantren tersebut kontra akan adanya pendidikan formal.
Sudut pandang mengenai Pondok Pesantren yang kontra
akan pendidikan formal kini semakin terkikis dan berangsur membentuk partikel-partikel
kayakinan akan pandangan yang bertolak belakang dengan pemikiran terdahulu. Seperti halnya Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Jawa
Timur yang mempunyai sudut pandang yang berbeda dengan pemikiran terdahulu.
Pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Jawa Timur memiliki nuansa Salaf, namun berpolafikir intelektual dan pola modern yang di terapkan dalam Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Jawa Timur mulai dari pengelolaan, pembiayaan, hingga
dalam bidang usaha.
Adanya perpaduan antara salaf dan modern dalam
Pondok Pesantren Darussalam Blokagung
Banyuwangi Jawa Timur tidak mengurangi nilai
ahlak dan keramah tamahan siswanya, bahkan nilai kesalafan dan ahlakul karimah
sangat kental di dalamnya wujud dari paduan pendidikan salaf dan pendidikan formal dapat
berjalan berdampingan.
B.
Saran-Saran
Dalam sebuah perbandingan ada yang namanya kelebihan
dan kekurangan, namun penulis hanya dapat memberikan setetes
saran, perbandingan apapun, dengan
siapapun dan bagaimanapun itu terjadi ambil nilai positifnya. Hargai pendapat
sesama dan berilah support dukungan kepada mereka (kebaikan).
Kebaikan pengelolaan dan manajerial dalam komunitas
sangatlah berperan penting dalam kelangsungan sebuah usaha atau komunitas
apapun. Adanya contoh baik dari Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Jawa Timur ini dapat memberikan
semangat baru dalam dunia pendidikan, dan semoga adanya Kuliah Kerja Nyata
(KKL) di Pondok Pesantren Darussalam
Blokagung Banyuwangi Jawa Timur ini dapat di adopsi dan di telaah sehingga salah satu rujuan dalam proses
pengelolaan suatu pendidikan.
C.
Kata Penutup
Dalam pembahasan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi ini semoga dapat menjadi suatu refrensi bagi
organisasi-organisasi untuk lebih teliti dalam Mengelola dan menjalankannya
sehingga dapat berkelanjutan dalam berorganisasi.
Terus berjuang dan berkreasi karena Allah SAW Maha
Mengetahui apa yang ada dalam diri masing-masing hamba-Nya.
Semoga bermanfaat, kami menanti kritik dan
saran yang membangun untuk arah yang lebih baik. Terimakasih.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
BalasHapusGet directions, reviews 성남 출장안마 and information for Borgata Hotel Casino & Spa in Atlantic City, NJ. The hotel is connected to a 평택 출장샵 bus station, a 인천광역 출장안마 free-ride station, and a restaurant/ Rating: 공주 출장안마 3.6 · 시흥 출장샵 25 reviews